Teknik Budidaya Tepat, Kelinci Sehat



Asumsi kelinci tidak butuh minum karena kadar air dalam rumput mencapai 70%, adalah asumsi ngawur. Semua makhluk hidup butuh air minum

Pakan utama kelinci adalah rumput, sayuran dan bijian. Dan rumput timothy adalah pakan terbaik kelinci. Timothy adalah sejenis rumput lapangan yang pada bagian atasnya terdapat “ekor kucing”. Kadar serat rumput timothy cukup baik sehingga tidak menimbulkan masalah pencernaan. Rumput jenis lain, termasuk jerami juga bisa, syaratnya harus dalam kondisi layu. Takaran rumput per hari seberat badan kelinci, diberikan sore hari.
Sayuran sangat perlu buat kelinci untuk mempermudah pencernaan dan mengurangi kadar serat berlebihan. Berikan 3-7 lembar per hari sayuran layu pada siang hari sebagai makanan siang. Sayuran yang baik adalah sosin/ceisim (sayuran untuk mie ayam) dan wortel. Sedangkan kangkung dan kubis (kol) baiknya dihindari karena kadar airnya berlebihan dan mengakibatkan urin berbau tajam.
Bijian, jagung muda, ketela pohon atau ubi jalar dapat diberikan malam hari, lewat pukul 10, tapi dapat juga diberikan pagi atau siang hari. Pelet kelinci dengan kadar serat standar sangat baik sebagai makanan pagi karena mengandung bijian dan serat. Jika tidak bisa mendapatkan pelet kelinci maka bisa menggunakan pelet unggas, meskipun harus hati-hati.
Komponen non-serat dalam pelet unggas relatif tinggi, sehingga kelinci tidak cukup bila  hanya diberi pelet unggas. Harus ada tambahan serat dari rumput. Sekiranya pelet unggas tidak cocok segera tarik dan ganti dengan jenis lain. Jangan asal membeli pelet murah. Seandainya pelet sulit, dapat diganti bekatul/dedak yang dicampur dengan air. Perhatikan jangan sampai membusuk, dalam waktu kurang dari tiga jam harus habis dan bersihkan. Lebih dari tiga jam dapat berakibat diare.
Buah-buahan adalah pakan yang diperbolehkan tetapi hanya sedikit, karena dalam buah terdapat kadar gula yang bisa mengakibatkan metabolisme perut kelinci tidak beres. Asumsi kelinci tidak butuh minum karena kadar air dalam rumput mencapai 70%, adalah asumsi ngawur. Semua makhluk hidup butuh air minum. Kebutuhan tiap hari cukup setengah gelas. Usahakan memakai botol khusus supaya tidak perlu mengganti setiap hari. Kelinci yang jarang minum akan stres dan pertumbuhannya tidak baik serta gampang mati ketika terserang penyakit.

Kesehatan
Kelinci sering disebut sebagai hewan “tidak beres pencernaan”. Saat perut sakit, kelinci tidak bisa muntah sehingga satu jalur pakanan (ususnya) terkena beban berat. Akibatnya, kembung, diare dan mencret menjadi problem utama kelinci.
Ciri-ciri kelinci sakit: mata sayu, lesu, tidak nafsu makan, dan feses cair atau lengket berwarna coklat/hijau seperti gel. Kelinci sehat feses berwarna hitam kering. Solusinya, tarik rumput, sayuran dan minuman ganti dengan pelet dan rumput kering timothy. Berikan juga daun papaya kering getah, pupus pohon pisang dan/atau daun bambu muda untuk menetralkan cairan dalam perut. Kelinci mencret juga harus dipisah dari kelinci lain.
Penyakit penting lainnya, scabies (penyakit kulit). Faktor utama adalah karena kandang jorok. Setiap hari kandang wajib dibersihkan, kotoran tidak boleh menumpuk, rumput sisa harus dibuang. Kelinci scabies harus dikarantina supaya tidak menular ke kelinci lain.  Berikan perawatan yang terbaik dengan kadar gizi yang baik, seperti wortel untuk mempercepat pergantian kulit ari. Suntik dengan obat antiscabies khusus hewan. Scabies butuh waktu penyembuhan antara 3-7 minggu, bahkan bisa lebih. Setelah sembuh (ciri-ciri bulu kembali normal) kelinci boleh kembali ke kandang asal.
Dan untuk alasan kesehatan, luas kandang peliharaan kelinci minimal 40 x 50 cm untuk ukuran kelinci rata-rata. Sementara kelinci jenis besar seperti Satin, Flam atau New Zealand kandang sebaiknya 50 x 70 atau lebih. Bahan bisa terbuat dari bambu kuat (tidak berbubuk), atau yang terbaik dari besi dan kawat, karena penyakit tidak mudah menular.
Kandang jangan sampai berlubang sehingga tikus tidak bisa masuk. Kelinci sangat takut dengan tikus, sering menyerang anak-anak kelinci bahkan memakan bayi kelinci. Selain itu, kandang juga dicegah dari angin besar, terutama angin malam.
Untuk penerangan, kelinci membutuhkan cahaya terang selama 17 jam sehari. Sedangkan di malam hari, penerangan secukupnya saja. Kebersihan kandang harus terjaga, tempat pakan rutin dicuci dan kering.

Selengkapnya baca Majalah TROBOS edisi Juli 2008

22 thoughts on “Teknik Budidaya Tepat, Kelinci Sehat

  1. wah….saya setuju bgt mas…masa kelinci gak dikasih minum kita aja bs kena ginjal kl gak minum kok….blognya bagus loh mas bnyk content nya meh lengkap mengupas semua ttg kelinci

  2. halo, salam kenal!
    1. mas, saran di atas juga buat kelinci yang umurnya 3 bulan kan mas?
    2. dua hari yang lalu aku baru beli 2 ekor(jantan dan betina), tapi hari ini si betina keliatan lesu, nggak mau makan, tapi tidak mencret dan kembung, apa dia sakit ya? trus gimana cara mengobatinya??
    mohon dibalas cepat??

  3. Maaf baru bisa ngebalas….
    salam kenal juga terimakasciih!
    Jawaban untuk comments diatas:

    Mbak shinta,,
    1. pada dasarnya sama, kelinci yang dewasa maupun yang masih belia, semua perlu air untuk minum. Namun tentunya kebutuhan antar individu, beda wilayah, jenis makanan yang diberikan akan mempengaruhi kebutuhan minumnya.
    2. Ini adalah keadaan yang sering terjadi dan dianggap biasa di dunia kedokteran Hewan. hewan mngalami stres setelah dipindahkan dari suatu tempat ketempat lain. Yang terpenting adalah Penanganannya setelah perjalanan itu. Tempatkan pada t4 yang tenang, tidak dicampur dengan indvidu lain, makann yang baik, air cukup, kalau perlu berikan vitamin utnuk mempern\baiki kondisi tubuh. Nggak ada cara mengobati kelinci stress perjalanan dengan obat, melainkan dengan perlakuan seperti ini. Dengan itu semoga kelinci akan segera pulih Sehat.

    Untuk Mbak Nia,
    Untuk menentukan kelinci kembung atau nggak.
    a. Coba lihat/perhatikan aktivitasnya, (lincah, riang, sehat), biasanya kelinci yang kembung itu akan lasu, lemas, tidak nafsu makan, ngambeg dst.
    b. Cek dengan seksama, pukul pelan perut, perhatikan pula apakah lebih membesar, kembung.

    Jika tidak menandakan ciri tsb, maka kelinci mbak nia tidak bermasalah.

    Terimakasiiih

  4. assalam.
    mas gimana caranya ngetahui kelinci Betina kalau udah siap dikawinin?

    Terimakacih mas, atas jwbnnya…

    wassalam

  5. Mas saya mau ikut nyambung
    saya punya kelinci 2 betina dan 2 jatan , sekarang si betina udah beranak , anaknya 7 ekor . tapi saya bingung nanti kalau banyak mau saya jual kemana ? soalnya di daerah saya belum populer soal kelinci

  6. jawaban untuk aris anggara:
    lantai kandang pada prinsipnya pilihlah yang lebih halus, tidak melukai, tidak mengiritasi, nyamn. Kadang kelinci suka lari-lari, bermain-main, jika lantai kandang tidak nyaman maka dapat mengganggu kesehatan.

    Terimaksih~syaif~

  7. answer to PAK PONIMAN:
    Masalah pemasaran adalah sebuah tantangan sekaligus satu hal yang menggaorahkan.

    Untuk masalah pemasaran kelinci, hingga sekarang ini masih terbuka lebar. Point inti: banyaklah promosi (via iklan gratisInternet, Iklan koran, tawarkan ke rekan2 anda dst).
    Point kedua: siaplah dengan pasar, ketika anda sudah membuka pasaran. product quality dan quantity.

    Teruslah berjuang. dulu orang Jualan air kemasan susah payah memasarkan, bahkan malah dicibir rekan-rekannya. tapi dia ulet untuk teruz berjuang, akhirnya sekarang air mineral dalam kemasan laris kayak kacang goreng.

    mungkin kita sekarang susah memasarkan, ulet, tekun dan yakinlah kedapan kita bisa menggapai pasaran yang mengagumkan.

    Terimakasih atas kunjungn anda!!

  8. aq baru beli kelinci kira2 usiana 1 bulan apa yaa makanan yang tepat agar dia tidak gampang terkena penyakit dan gampang mati.sekarang kelinciku sakit mata tapi yang sebelah kiri saja yang kanan tidak apa-apa apa yaa obat untuk menyembuhkan sakit matanya.tolong d jawab yaa

    • Any di Depok, apa kabar…
      Makanan untuk kelinci yang masih muda. sebaiknya masa sapih kelinci 2 bulan, sehingga kelinci anakan telah mendapatkan nutrisi yang baik dan kuat untuk menjalani hidup yang selanjutnya…

      mungkin kalau kita beli anakan yang memang masi kecil kayak gitu, maka perlu perawatan dan perhatian yang lebih. Makanan yang halus lebih dianjurkan, untuk lebih jelas co ba baca-baca lagi pelajaran Ransum kelinci. atau Tunggu RansumUntuk anakan Kelinci pada edisi terdekat.

    • Assalamu’alaikum…
      Mbak Dilla octariani.
      Kelinci Ngambeg dan nggak mau makan. Mungkin ada masalah, seperti stres, tempat nggak nyaman dll. saran saya bisa dicoba, coba kelinci pagi jangan kasih makan sedikit pun, tapi wajib kasih minum, lalu siang haru setelah jam 12.00, kasih hijauan yang sudah dilayukan atau makanan jenis kacang-kacangan. semoga bisa lahap makannya..

    • Farah…salam keal juga ]
      Indukan kelinci, dapat dibeli di peternak kelinci di daerah solo, karang anyar. Jika kesusahan atau tak menemukan, bisa sambil jalan-jalan ke Yogyakarta, disini bisa mencari di beberapa peternak kelinci. beberapa tempat saya tau, kebetulan saya domisili di Yogyakarta. Selamat beternak…

  9. mas kelinciku yang umurnya 2 bulan kemarin kembung. trus dah kuobati pake antasida sirup. skrg kembungnya dah sembuh dan gak sampe mencret. selama sakit itu kelinciku gak mau makan sama sekali. jadinya kucekoki susu untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. yang saya tanyakan bagaimana cara mengembalikan nafsu makan kelinciku setelah sakit? trimakasih sebelumnya.

  10. mas,,minta ciri” hamil dnk??thx

    Jawaban dari Muhammad Syaifudin:
    Ciri-ciri kelinci sedang hamil:
    1. secara fisik, terutama bagian perut membesar.
    2. secara perilaku, lebih tenang dibandingkan ketika birahi.
    3. bila di cek manual dengan perabaan tangan pada bagian perut belakang (ada cara Khusus), maka terasa ada benjolan atau bakal anakan seperti kacang.
    4. tidak mau lagi ditunggangi kelinci pejantan, tanda telah dibuahi.
    5. Jika telah hamil tua, maka dia akan membuat sarang, dengan mencabuti bulu-bulu untuk penghangat calon anaknya.

    Terumakasih, semoga membantu anda.
    Selamat Beternak, sukses selalu.
    ~Syaifudin~

  11. salam kenal ya mas..

    aku mo nanya nehh,,aku punya kelinci jenis anggora usia 2bulan,giginya koq suka bunyi2 yahh,trus bulu2nya rontok didaerah hidung,leher n kaki depan,,klo liat dari pubnya c normal mas..
    kenapa yah sama kelinci ku trus cara nyembuhinnya gimana,,

    makasi yahh mas

  12. Alhamdulilah pertanyaan saya sudah di jawab walu pun kelinciku yang sakit mata sudah mati.Tapi bulan juni 09 aq baru beli lagi neh kelinci lokal si..Habis kalu beli yang mahal2 takut mati kan sayang. Biasanya klu aq beli kelinci paling lama dia hidup di rumah ku hanya 1 minggu tapi alhamdulilah x ini kelinci yang baru aq beli dah 1 bulan sekarang sehat walafiat.tapi aq g tau umur yang past yang aq tau dah 1 bulan di rumah ku mungkin 1 bulan setengah atau 2 bulan x mereka aq berinama untuk yang putih pusi n yang coklat ciko aq g ngerti yang mana jantan n yang mana betina tapi kt penjualnya ini sepasang… tolong donk kasih tau caranya.. trus kelinciku aq taru di dalam rumah bahaya g si terhadap anak2 ku.. makasih ya kalu dah mau jawab

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s