Peternakan: Target Departemen Pertanian Swasembada Sapi Tahun 2010, siap?


Bandar Lampung, Kompas – Departemen Pertanian memastikan angka impor sapi bakalan dari Australia per tahun sudah mencapai 400.000 ekor dan daging sapi mencapai 50.000 ton per tahun. Departemen Pertanian menargetkan mampu menambah populasi dari potensi lokal dengan mengoptimalkan balai inseminasi buatan supaya Indonesia bisa bebas dari ketergantungan impor dan mencapai swasembada sapi pada tahun 2010.

Demikian ditegaskan Sekretaris Direktorat Jenderal Peternakan Departemen Pertanian (Deptan) Tjeppy D Soedjana, Jumat (22/6), seusai rapat kerja dengan Gubernur Lampung Sjachroedin ZP di Bandar Lampung.

Menurut Tjeppy, pemanfaatan potensi lokal dilakukan dengan cara mengoptimalkan balai besar inseminasi buatan. Saat ini Deptan sudah memiliki balai besar inseminasi buatan di Singosari, Malang, Jawa Timur, dan di Lembang, Bandung, Jawa Barat. Kedua balai besar inseminasi itu juga didukung Pusat Veteriner Farmasi Surabaya, Jawa Timur, dan Balai Besar Pusat Pembibitan Sapi Perah di Baturaden, Purwokerto, Jawa Tengah.

Keempat instansi itu akan dijadikan badan layanan umum yang mampu melayani kebutuhan semen beku untuk pengembangbiakan sapi potong dan sapi perah. Dari balai besar inseminasi buatan di Singosari dan Lembang saja setidaknya per tahun bisa diproduksi 1,5 juta dosis semen beku, terutama dari sapi jenis Limousin dan Brahman.

Semen beku yang berasal dari produksi balai besar inseminasi tersebut akan dimanfaatkan untuk membibitkan sapi-sapi potong baru dengan cara menyuntikannya kepada indukan sapi potong lokal.

“Kita malu, mengingat pada tahun 1970-an Indonesia mampu menjadi eksportir sapi ke luar negeri. Target swasembada saat ini baru akan membebaskan Indonesia dari ketergantungan terhadap sapi bakalan asal Australia,” kata Tjeppy. (hln)

Sumber: Kompas.com

One thought on “Peternakan: Target Departemen Pertanian Swasembada Sapi Tahun 2010, siap?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s