KELINCI EKSPOR KE LUAR NEGERI, BISA!!?


Bisa Diekspor ke Italia, Perancis, dan Spanyol

Sabtu, 01 Oktober 2005

Bandung, Kompas – Bisnis kelinci memiliki potensi yang sangat besar dikembangkan di Indonesia. Bisnis ini juga memberi peluang besar untuk meningkatkan pendapatan masyarakat, sebab kebutuhan akan daging dan kulit serta kelinci hidup untuk percobaan maupun peliharaan dari dalam maupun luar negeri masih belum terpenuhi.

Menurut Yono C Rahardjo, pakar kelinci dari Balai Penelitian Ternak, Bandung, Jumat (30/9), kelinci memiliki nilai jual sebagai hewan peliharaan, hewan percobaan, penghasil daging, penghasil kulit yang bagus, dan kotorannya dijadikan pupuk organik.

Dalam setahun, kelinci bisa enam kali melahirkan. Dalam satu masa kelahiran, kelinci bisa melahirkan empat anak. Harga daging kelinci saat ini berkisar Rp 8.000-Rp 15.000 per kilogram.

”Permintaan dari hotel, restoran, dan pabrik pengolahan daging sebetulnya banyak, namun sampai kini belum ada peternak yang sanggup memasok secara kontinu karena populasi kelincinya masih sedikit,” kata Yono C Rahardjo.

Daging kelinci sangat potensial diekspor ke Italia, Perancis, dan Spanyol. Selama ini negara-negara tersebut mengimpor dari China. Namun, kini China tidak mampu mengekspor lebih banyak karena sempat terkena wabah penyakit ternak kelinci.

Pupuk organik dari kelinci mampu meningkatkan produksi pertanian hingga 200 persen dengan rasa yang lebih gurih. Kulit kelinci, terutama jenis Rex dan Satin, memiliki pasar di luar negeri.

Kulit kelinci lokal dihargai Rp 1.500-Rp 3.000 per lembar. Sementara kulit kelinci jenis Rex dan Satin dihargai 1 dollar AS-14 dollar AS per lembar. Kulit kelinci lokal banyak diminta para perajin kulit dari Bali. Sedangkan peluang ekspor kulit kelinci ke Hongkong, Hongaria, Jepang, Italia, dan Inggris. (ynt)

 

16 thoughts on “KELINCI EKSPOR KE LUAR NEGERI, BISA!!?

  1. pasarnya luas, tapi orang pada kurang tertarik bisnis. Ya gimana wong melihat sisi perhitungannya saja orang-orang pada kurang jeli…..:)

    kalau saya sih percaya saja kelinci menguntungkan. makanya saya ternak banyak…..
    Anda punya info bibit kelinci unggul untuk jenis hias? kami butuh banyak bibit. Saya akan beli kalau ada yang punya jenis satin, rex, himalayan persia.

    Ibrahim, temanggung

  2. mohon bantuan bagamana cara mengexport kelinci/daging kelinci, saya punya banyak kelinci jenis lokal, masalah daging bisa saya atasi sendiri karena disamping ternak kelinci saya juga punya warung makan sate kelinci, tapi yang jadi masalah nuat saya adalah bagaimana menjual kulit kelinci dimaksud, sekali lagi mohon bantuan atau hub saya di 081325454727, 0291-682131

  3. bagi yang berminat jenis kelinci lokal, rex, Lop, plam dll bisa menghubungi ke HP 08172388011 Sabtu/minggu, harga terjangkau…untuk ternak daging maupun hias, atau untuk peliharaan di rumah. harga murah….
    Lokasi di Baru Nagri – Lembang Jawa Barat-Pak Yayan
    kami juga ekspor ke singapura, selandia baru dan amerika

  4. Sindhi Farm – Bogor

    Sinto : 0817 900 2065, 0251 635891
    Dhiah : 0813 1911 9926

    Sedia berbagai jenis kelinci dengan harga wajar.
    Terima penitipan dan perawatan untuk kelinci.

    Ary Andromeda 0818 868 727
    Jl. Wirajasa I Blok H-13 (100 meter dari Jatiwaringin Exit Tol)

  5. kami beternak kelinci dan membina peternakan kelinci di purbalingga, saat ini ada beberapa kelompok di beberapa kecamatan di kota kami, bagi yang berminat baik daging, kulit, anakan/ bibit dan produk turunannya seperti pupuk organik berbahan dasar urine dan faces kelinci silakhan hubungi kami di 08180-280-8833 atau http://optimisagri.wordpress.com ato optimisagri@gmail.com, kelinci yang kami ternakan telah terseleksi baik secara genetika maupun sifat keindukannya sehingga sangat cocok untuk diternakan kembali dan Anda tidak perlu repot2 seleksi ulang – tks

  6. bagaimana cara mengekspor kulit kelinci menurut anad , kelinci jenis apa yang banyak permintaannya di negara eropa?
    dan umur berapa kelinci sudah layak untuk di ekspor ke negara eropa? kira2 modal yg di perlukan berapa untuk ternak kelinci dan bikin kandang kelinci!? mohon batuannya . terima kasih

  7. pak saya tinggal di yogyakarta,saya pingin menjadi penyuplai daging dan kulit kelinci, brp harga rata2 1kg daging,dimana pengepul yg terdekat yg mau menerima kulit kelinci?trims

  8. Iya nih, dimana saya bisa cari buyernya?
    rasanya saya udah google seharian belum ada yang bener-bener pas.
    Sekarang harganya sudah berapa yah daging kelinci per kg nya?

  9. assalm,
    mas, tolong email saya jalur – jalur yang harus ditempuh untuk bisa ekspor ke luar negeri atau setidaknya pemasaran yang bagus minimal jawa dalam kata lain seluk beluk pemasaran yang bagus secara nasional. Karena saya sedang berusaha merintis ke arah peternak kelinci. mimi saya teramat besar, jadi tips dan trik mengenai pemasaran untuk pangsa nasional dan ekspor tolong dibahas lebih detail ke email saya. terima kasih mau repot dengan permintaan saya.

    wasslm,
    yudhi

  10. banyak statement yang menyatakan bahwa prospek bisnis kelinci sangat menjanjikan..
    tapi blm ada info jelas siapa yang mau menampung hasil ternak,,
    banyak juga pernyataan tentang exsport kulit kelinci,,tapi belum ada alamat jelas siapa yang mau menampung untuk di eksport,,,
    mohon bantuannya,,terima kasih

  11. Bapak2,Ibu2, Sodara2, marilah kita mulai bisnis kelinci dengan baik. jangan keburu nafsu untuk menjual dan menjual meraup keuntungan. tapi yakinlah, semakin banyak kelinci yang kita ternak, tanpa promosipun pasti ada pembeli yang akan hilir mudik membeli. Prinsipnya, jangan terburu2 menjual.

  12. saya mau beternak kelinci, tetapi sampai sekarang saya masih bingung masalah pemasaran. saya banyak dapat info dari berbagai sumber, tetapi untuk yang jelas-jelas bisa diajak kerjasama pemasaran kedepannya kok saya belum menemukan. kira-kira untuk jenis yang banyak diminati dipasar apa saja ya? mohon bantuan dan tanggapannya.
    terimakasih

Tinggalkan Balasan

